Education
Disusun Oleh :
1. Ida
Istiqomah
2. Mawar
Fatmala
3. Monika
Theresia
4. Puput
Latifah
5. Susana
Maharani W.P.
Kelas : XI IA 5
Guru Bidang Study : Abdul Basyit S,Pd.
SMA
NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG
TAHUN
AJARAN 2012/2013
KATA PENGANTAR
Segala puji
bagi Allah, Tuhan penguasa alam semesta, atas segala karunia-Nya sehingga kita
semua selalu ada dalam keadaan sehat walafiat, dan selalu ada dalam lindungan-Nya.Alhamdulilah
kami dapat menyelesaikan makalah yang berisi tentang “RESENSI BUKU PENDIDIKAN”.
Di dalam makalah
ini, anda akan mempelajari seluk-beluk Ilmuwan, pengertian, kemampuan dan
integritas ilmuwan, yang kesemuanya itu bertujuan untuk memotivasi generasi
muda.
Semoga makalah
ini bermanfaat khususnya bagi kami dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Kami
ucapkan terima kasih kepada Bapak Abdul Basyit S.Pd. yang telah menugaskan dan
membimbing kami.
Penulis
menyadari bahwa tiada karya manusia yang sempurna. Oleh karena itu, dengan
senang hati penulis akan menerima kritik dan saran dari berbagai pihak demi
perbaikan dan penyempurnaan makalah ini.
Terima Kasih.
Penulis
XI
IA-5
II
Daftar
Isi
Kata pengantar ........................................................................................... II
Daftar isi ..................................................................................................... III
Daftar isi buku
............................................................................................ IV
Identitas Buku ........................................................................................... 1
Sinopsis
..................................................................................................... 1
Keunggulan
............................................................................................... 2
Kekurangan
............................................................................................... 3
Evaluasi/Penilaian
..................................................................................... 3
III
Daftar
Isi Buku
Pengantar Penulis............................................................................................................. iv
Daftar Isi............................................................................................................................ v
#1. MENJADI
ILMUWAN............................................................................................. 1
Apakah Ilmuwan Itu?....................................................................................................... 1
Kenapa Harus Jadi Ilmuwan?........................................................................................... 2
Karakter Utama Seorang Ilmuwan Sejati......................................................................... 27
Kenapa Harus Jadi Ilmuwan?........................................................................................... 2
Karakter Utama Seorang Ilmuwan Sejati......................................................................... 27
#2. KEMAMPUAN DASAR ILMUWAN......................................................................... 39
Membaca......................................................................................................................... 40
Mengamati....................................................................................................................... 50
Meneliti............................................................................................................................ 54
Mengetahui Metode Penelitian....................................................................................... 71
Menulis............................................................................................................................. 77
Mengamati....................................................................................................................... 50
Meneliti............................................................................................................................ 54
Mengetahui Metode Penelitian....................................................................................... 71
Menulis............................................................................................................................. 77
#3. INTEGRITAS ILMUWAN......................................................................................... 85
Ilmuwan Indonesia Melanggar Integritas......................................................................... 86
Apa Sih Integritas Itu?....................................................................................................... 89
Manfaat Integritas............................................................................................................ 91
Rambu-rambu Integritas................................................................................................... 95
Jangan Jadi Plagiator........................................................................................................ 97
Cara Mengutip.................................................................................................................. 99
Risiko Melanggar Integritas............................................................................................. 101
Anti Plagiasi..................................................................................................................... 104
Apa Sih Integritas Itu?....................................................................................................... 89
Manfaat Integritas............................................................................................................ 91
Rambu-rambu Integritas................................................................................................... 95
Jangan Jadi Plagiator........................................................................................................ 97
Cara Mengutip.................................................................................................................. 99
Risiko Melanggar Integritas............................................................................................. 101
Anti Plagiasi..................................................................................................................... 104
#4. LANGKAH YANG HARUS KAMU AMBIL SEKARANG.............................................. 113
Mitos Salah Tentang Ilmuwan......................................................................................... 114
Ilmuwan Indonesia Juga Hebat!...................................................................................... 119
Yang Harus Kamu Lakukan.............................................................................................. 131
KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) Langkah Awal Untuk Jadi Ilmuwan................................ 143
Tantangan Ilmuwan Selalu Terbuka di Indonesia........................................................... 145
Ilmuwan Indonesia Juga Hebat!...................................................................................... 119
Yang Harus Kamu Lakukan.............................................................................................. 131
KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) Langkah Awal Untuk Jadi Ilmuwan................................ 143
Tantangan Ilmuwan Selalu Terbuka di Indonesia........................................................... 145
Daftar
Pustaka................................................................................................................ 152
Glosarium....................................................................................................................... 157
Indeks............................................................................................................................. 160
Tentang
Penulis.............................................................................................................. 162
IV
Sistematika
Penulisan
1. Identitas Buku
·
Judul :
Kamu Bisa Jadi Ilmuwan !
·
Penulis :
Sutrio Hadi dan Nilam Permata
·
Penerbit :
Nobel Edumedia, CV
·
Tahun terbit :
2010
·
Cetakan :
ke-13
·
Jumlah halaman : 162
halaman
2. Sinopsis
Semua orang bisa menjadi
Ilmuwan. Ilmuwan tidak selalu seorang ahli ilmu alam yang bekerja di
laboratorium. Namun Ilmuwan adalah orang yang bekerja dan mendalami dengan
tekun sungguh-sungguh suatu bidang ilmu pengetahuan. Ilmuwan itu mencapai
berbagai bidang keilmuan, misalnya antropolog, sosiolog, arkeolog, biolog,
fisikawan, geolog, ahli matematika, ahli bahasa, pustakawan, dan lain-lain.
Ilmuwan didasari pada rasa ingin tahu. “Ingin tahu” adalah suatu dorongan atau
hasrat untuk lebih mengerti suatu hal yang sebelumnya kurang atau tidak diketahui.
Ketertarikan itu ditandai dengan adanya proses berpikir aktif, yakni
digunakannya semua panca indera yang kita miliki secara maksimal.jenis jenis
rasa ingin tahu ada 2, yakni rasa ingin tahu positif dan rasa ingin tahu
negatif. Rasa ingin tahu juga berasal dari berbagai sumber, yakni kebutuhan dan
keanehan. Karakter utama menjadi seorang ilmuwan sejati adalah pantang
menyerah, berani, jujur, terbuka, jaga emosi, tekun, skeptis, analitis dan
mendekatkan diri kepada Tuhan.
Kemampuan dasar diartikan
sebagai kesanggupan atau bekal pertama yang harus dimiliki sebelum mencapai
tujuan yang ingin dicapai.Kemampuan dasar sangatlah penting dikuasai seorang
ilmuwan yang akan melakukan penelitian.Kemampuan dasar seorang ilmuwan itu
sendiri antara lain : Membaca, mengamati, meneliti dan menulis. Dengan
kemampuan itu, kita dapat mengambil manfaat antara lain membantu kita berfikir
sistematis, memberi kita informasi untuk menilai sesuatu, menambah wawasan dan
membentuk kepribadian serta dapat
melahirkan ide dan inspirasi.
Integritas seorang ilmuwan
adalah sikap dan keyakinan untuk bekerja secara mandiri dan selalu
mengedepankan prinsip menyampaikan temuannya secara jujur, adil, dan objektif.
Manfaat integritas yaitu kebebasan akademik dapat terus terpelihara dan tidak
terjadi saling mengakui.Integritas juga dapat mengajukan ilmu pengetahuan
karena peran masing-masing ilmuwan diukur dengan keberhasilannya dan bahasan
akan semakin luas.Rambu-rambu integritas antara lain, jika kita membuat tulisan
yang muncul dari ide orang lain maka tulislah sumbernya, menyebutkan pihak yang
telah membantu dan memengaruhi, karyamu merupakan tanggung jawabmu, tidak
menjiplak karya orang lain dan tidak merugikan orang lain serta patuh terhadap
norma dan hukum universal. Jika melanggar etika dan integritas, akan ada risiko
yang didapat yaitu reputasi akan hancur, tidak diakui dalam dunia keilmuan,
karier terhambat, menjadi contoh buruk bagi yang lain, dan hukum pidana atau
perdata.
Setelah dijelaskan mengenai
pengertian, kemampuan dan integritas ilmuwan maka langka selanjutnya yang harus
dilakukan jika ingin menjadi seorang ilmuwan antara lain: memandang prestasi
sebagai sesuatu yang bisa diraih siapa saja tanpa memandang kekayaan dan
keturunan, mulai aktif mencari tahu kebutuhan masyarakat,mulai senantiasa
meluaskan wawasan dan serius dalam menjalani pendidikan,menghindari diri dari
pengaruh buruk lingkungan, mengembangkan sikap untuk siap berkontribusi bagi
masyarakat luas dan menggunak media seperti majalah dinding untuk menyebarkan
ide atau penemuan di tengah lingkungan masyarakat.Pahamilah langkah-langkah
tersebut dan buang jauh-jauh prasangka yang berfikir bahwa menjadi ilmuwan itu
sulit karena awal yang sulit menunjukkan bahwa memang sesuatu yang ingin
dicapai biasanya selalu dibarengi dengan kesulitan.Oleh karena itu, anggaplah
bahwa menjadi seorang ilmuwan itu mudah dan bisa dicapai oleh semua orang.
3.
Keunggulan
Isi
buku ini bagus bagi pembaca agar lebih kreatif dan mempunyai keberanian untuk
mencoba suatu baru. Dengan disertai gambar, buku ini terkesan lebih menarik
untuk dibaca. Selain itu juga di dalamnya terdapat kalimat-kalimat yang
memotivasi pembaca. Isinya juga diuraikan secara rinci dan jelas serta mudah
untuk dipahami.
4.
Kekurangan
Tidak
tercantumnya penerbit, tahun terbit dan cetakan dalam buku ini. Selain itu juga
terdapat kata-kata yang tidak baku dan tidak sesuai dengan EYD (Ejaan Yang
Disempurnakan).
5. Evaluasi/Penilaian
I. Kelayakan Isi
a. Kelengkapan materi
Materi yang disajikan buku “Kamu bisa jadi ilmuwan” yang ditulis oleh Sutrio Hadi dan Nilam Permata ini sudah sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ditetapkan pemerintah. Uraian materi di dalam buku ini dirancang sesuai dengan tuntutan untuk pencapaian SK dan KD. Buku ini telah dinilai oleh Pusat Perbukuab Kementrian Pendidikan Nasional dan telah ditetapkan memenuhi kelayakan Keputusan Kepala Pusat Perbukuan Nomor: 903/A8.2/LL/2010 tanggal 21 Mei 2010 tentang Penetapan Buku Pengayaan Pengetahuan, Buku Pengayaan Keterampilan, Buku Pengayaan Kepribadian, Buku Referensi dan Buku Panduan Pendidik sebagai Buku Nonteks Pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan sebagai sumber belajar pada jenjang Pendidikan dasar dan menengah dengan kategori. Buku ini telah mencapai kelengkapannya berdasarkan kelayakan isinya. Kelayakan buku teks bergantung pada isi yang dimuat di dalamnya. Maka dari itu, buku teks harus menyesuaikan dengan tuntutan yang telah ditetapkan.
Materi yang disajikan buku “Kamu bisa jadi ilmuwan” yang ditulis oleh Sutrio Hadi dan Nilam Permata ini sudah sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ditetapkan pemerintah. Uraian materi di dalam buku ini dirancang sesuai dengan tuntutan untuk pencapaian SK dan KD. Buku ini telah dinilai oleh Pusat Perbukuab Kementrian Pendidikan Nasional dan telah ditetapkan memenuhi kelayakan Keputusan Kepala Pusat Perbukuan Nomor: 903/A8.2/LL/2010 tanggal 21 Mei 2010 tentang Penetapan Buku Pengayaan Pengetahuan, Buku Pengayaan Keterampilan, Buku Pengayaan Kepribadian, Buku Referensi dan Buku Panduan Pendidik sebagai Buku Nonteks Pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan sebagai sumber belajar pada jenjang Pendidikan dasar dan menengah dengan kategori. Buku ini telah mencapai kelengkapannya berdasarkan kelayakan isinya. Kelayakan buku teks bergantung pada isi yang dimuat di dalamnya. Maka dari itu, buku teks harus menyesuaikan dengan tuntutan yang telah ditetapkan.
b. Kedalaman materi
Sebagian besar materi yang ada dalam buku ini sudah dijelaskan secara terperinci.
Sebagian besar materi yang ada dalam buku ini sudah dijelaskan secara terperinci.
II. Keakuratan Materi
a. Keakuratan dalam konsep dan teori
Konsep dan teori yang disajikan untuk mencapai Kompetensi Dasar sesuai dengan definisi yang berlaku dalam bidang ilmu bahasa dan ilmu sastra, digunakan secara tepat sesuai dengan fenomena yang dibahas, dan tidak menimbulkan banyak tafsir. Dalam buku teks karya Sutrio Hadi dan Nilam Permata ini, konsep teori yang disajikan cukup baik, namun masih ada definisi-definisi yang dapat menimbulkan pemahaman yang lain.
b. Keakuratan dalam pemilihan contoh
Pemilihan contoh dari tiap materi dalam buku teks ini sebagian besar sudah cukup baik. Contoh-contohnya dapat mudah dibayangkan dan dimengerti peserta didik. Buku ini mengambil figur-figur teladan ilmuwan seperti Aristoteles dan lain-lain.
III.Pendukung Materi
1. Teknik Penyajian
a. Keakuratan dalam konsep dan teori
Konsep dan teori yang disajikan untuk mencapai Kompetensi Dasar sesuai dengan definisi yang berlaku dalam bidang ilmu bahasa dan ilmu sastra, digunakan secara tepat sesuai dengan fenomena yang dibahas, dan tidak menimbulkan banyak tafsir. Dalam buku teks karya Sutrio Hadi dan Nilam Permata ini, konsep teori yang disajikan cukup baik, namun masih ada definisi-definisi yang dapat menimbulkan pemahaman yang lain.
b. Keakuratan dalam pemilihan contoh
Pemilihan contoh dari tiap materi dalam buku teks ini sebagian besar sudah cukup baik. Contoh-contohnya dapat mudah dibayangkan dan dimengerti peserta didik. Buku ini mengambil figur-figur teladan ilmuwan seperti Aristoteles dan lain-lain.
III.Pendukung Materi
1. Teknik Penyajian
a. Konsistensi sistematika penyajian
Konsistensi sistematika penyajian dalam buku ini cukup baik, mulai dari pendahuluan (berisi tujuan penulisan buku teks pelajaran, sistematika buku, cara belajar yang harus diikuti, serta hal-hal lain yang dianggap penting bagi pembaca), bagian isi (uraian, kata mutiara, ilustrasi, gambar), dan pendukung lain.
2. Materi
Konsistensi sistematika penyajian dalam buku ini cukup baik, mulai dari pendahuluan (berisi tujuan penulisan buku teks pelajaran, sistematika buku, cara belajar yang harus diikuti, serta hal-hal lain yang dianggap penting bagi pembaca), bagian isi (uraian, kata mutiara, ilustrasi, gambar), dan pendukung lain.
2. Materi
a. Bagian pendahuluan
Bagian pendahuluan sudah sesuai, terdiri atas prakata dan daftar isi. Di mana prakata adalah informasi yang mengantarkan pembaca untuk mengetahui tujuan penulis buku, ucapan terima kasih, dan harapan. Sedangkan daftar isi adalah daftar yang memuat informasi yang memudahkan peserta didik untuk mencari dan menemukan bab, subbab, serta topik yang ada di dalamnya.Namun, tidak terdapat informasi mengenai jumlah cetakan.
b. Bagian isi
Bagian isi sudah baik. Sudah disajikan secara runtut dan jelas. Hanya saja, terdapat kata-kata yang kurang baku.
Bagian pendahuluan sudah sesuai, terdiri atas prakata dan daftar isi. Di mana prakata adalah informasi yang mengantarkan pembaca untuk mengetahui tujuan penulis buku, ucapan terima kasih, dan harapan. Sedangkan daftar isi adalah daftar yang memuat informasi yang memudahkan peserta didik untuk mencari dan menemukan bab, subbab, serta topik yang ada di dalamnya.Namun, tidak terdapat informasi mengenai jumlah cetakan.
b. Bagian isi
Bagian isi sudah baik. Sudah disajikan secara runtut dan jelas. Hanya saja, terdapat kata-kata yang kurang baku.
IV. Harga buku
Harga
buku ini sangat terjangkau dengan kisaran harga Rp 10.000. Buku ini sangat
mudah untuk di dapatkan oleh peminat karena harganya yang terjangkau.Namun,
disatu sisi untuk mendapatkan buku ini tidak mudah. Hanya di toko-toko tertentu
saja yang menjual buku semacam ini.
Komentar
Posting Komentar